SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMERINTAHAN DESA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN BENGKAYANG

Jumat, 11 Mei 2012

PNPM-MP Sukses DESA Kurang Peduli

Intake Air Bersih Desa Cipta Karya Kec.Sungai Betung (program PNPM-MP 2010
Maksud dari program PNPM Mandiri Pedesaan di Kabupaten Bengkayang khususnya Kecamatan Sungai Betung,merupakan salah satu program pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah.
Hasil-hasil pembangunan dari program PNPM-MP yang sudah dibangun dan sudah serah terima dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dapat dipelihara dan dirawat dengan baik, pergunakan sesuai dengan fungsinya. Hal ini dimaksudkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan desa dapat mengelola aset-aset Program PNPM-MP ini menjadi suatu badan usaha milik desa BUMDes,dengan maksud agar aset yang telah di serahkan kedesa ini kedepannya dapat menghasilkan pendapatan asli desa,sehingga biaya pemeliharaan aset tersebut tidak bergantung/berharap dengan pemerintah lagi.
ada beberapa Program bantuan PNPM-MP yang dapat dijadikan BUMDes antara lain : Saluran air minum/PAM desa,Multi Treasher,Hand Tractor,dll.
Aset ini sebenarnya dapat dikelola oleh suatu badan indipenden yang di bentuk oleh kepala desa,BPD dan masyarakat dengan membuat suatu peraturan desa (Perdes) tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),sehingga aset ini dapat di pelihara,dijaga dan dimanfaatkan secara maksimal,bukan sekedar untuk beberapa tahun seperti sekarang ini.
Karena sampai sekarang ini belum ada satupun desa di Kabupaten Bengkayang memanfaatkan aset  yang telah diserahkan program PNPM-MP menjadi suatu badan usaha yang dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PADes),padahal aset-aset tersebut sangat potensial sekali untuk dijadikan BUMDes,ini menunjukkan kurang pedulinya masyarakat dan perangkat desa akan aset-aset yang telah diserahkan oleh program PNPM-MP di Kabupaten Bengkayang.
Untuk itu perlu kesadaran dari masyarakat dan perangkat desa yang telah mendapat program PNPM-MP di Kabupaten Bengkayang ini,agar bantuan program tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya,berkelanjutan dengan rasa memiliki dan bertanggungjawab.
PNPM-MP dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kurang mampu dengan tiga bidang sasaran program yaitu, bantuan dan perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UMK (Usaha Mikro Kecil) melalui dana simpan pinjam khusus perempuan (SPP).
Program-program yang telah dicanangkan itu diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Bengkayang. Program PNPM-MP juga dapat berkontribusi secara nyata dalam mengentaskan kemiskinan,kemudian, mengembangkan kemampuan perencanaan pembangunan partisipatif di desa dan antar desa dengan meningkatkan peran serta masyarakat terutama kelompok miskin dan perempuan. Baik dalam pengambilan keputusan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan.
Tidak kalah pentingnya, PNPM-MP juga mengembangkan kapasitas pemerintah desa melalui interaksi antar desa dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan pedesaan yang berkelanjutan,mendorong terbentuknya dan berkembangnya badan kerja sama antar desa (BKAD) dan mengembangkan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar