SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMERINTAHAN DESA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN BENGKAYANG

Senin, 07 Mei 2012

PENGERTIAN MASYARAKAT

Masyarakat Dayak Bengkayang 1920-1932
 
Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, contohnya masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat ilmiah, dan lain-lain. Dalam bahasa inggris dipakai istilah society yang berasal dari kata latin "socius", yang berarti kawan. Istilah masyarakat itu sendiri berasal dari akar kata Arab yaitu Syaraka yang mempunyai arti "ikut serta, berpartisipasi".

Dalam perkembangannya dan pertumbuhannya, Masyarakat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu :
  1. Masyarakat sederhana. Dalam lingkungan masyarakat sederhana (primitive) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya berpangkal tolak dari latar belakang adanya kelemahan dan kemampuan fisik antaraseorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan-tantangan alam yang buas saat itu.
  2. Masyarakat maju. Masyarakat maju memiliki keanekaragaman kelompok sosial, atau lebih dikenal dengan sebutan kelompok oraganisasi kemasyarakatan yang tumbbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar